Pantai Ngandong

Alamat: Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya tidak jauh dari Pantai Indrayanti yang lebih terkenal dahulu, tepatnya terletak di sebelah barat laut dari pantai Indrayanti.

Pantai Ngandong termasuk pantai yang kecil namun mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Meskipun demikian belum banyak wisatawan yang mengetahui destinasi wisata pantai ini. Pantai ini ramai penunjung ketika musim liburan, namun sepi ketika hari-hari biasa.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong

Harga tiket masuk Pantai Ngandong adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk satu paket dengan biaya masuk pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Ngrumput, Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sarangan, Pantai Sadranan, Pantai Krakal, dan lainnya. Jadi, harga ini sangat terjangkau dan murah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngandong

Rute menjunu pantai Ngandong dari Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading belok ke arah kanan kemudian menuju Playen – Paliyan – Saptosari kemudian sampai ke pertigaa sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur. Lalu ambil atau ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk Pantai Sundak lalu baru menuju Pantai Ngandong.

Ada rute yang lebih pendek yaitu melalui Yogyakarta kemudian lewat Imogiri – Panggang – Saptosari sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan pantai Baron ke arah timur ambil atau ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk pantai Sundak dan akhirnya bisa menuju ke lokasi pantai Ngandong.

Obyek Wisata di Pantai Ngandong

1. Wahana Bermain Kano

Bagi Anda yang hobi bermain kano, pantai Ngandong bisa menjadi salah satu tujuan alternatif untuk menjalankannya. Air laut di pantai ini sangat bersahabat sehingga aman bagi setiap pengunjung termasuk untuk bermain kano.Pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp50.000 untuk menyewa perahu kano dan tanpa dibatasi waktu.

2. Tempat Berlabuhnya Kapal Nelayan

Pantai Ngandong merupakan tempat berlabuhnya perahu maupun kapal para nelayan sekitar. Pengunjung bukan hanya disuguhi pemandangan alam yang eksotis namun juga aktifitas nelayan di sana.

Ada juga kapal nelayan dimanfaatkan untuk disewakan kepada pengunjung, biasanya nelayan akan mengajak pengunjung mengelilingi sekitar pantai dengan perahu atau kapal. Nelayan juga mengajak pengunjung melihat fenomena alam di laut yang menakjubkan yaitu keluarnya sumber air tawar dari dalam laut yang seolah seperti air mendidih.

3. Mempunyai Garis Pantai yang Landai dan Eksotis

Pantai Ngandong mempunyai bentuk yang indah karena garisnya yang landai.Bentuk garis pantai yang demikian lebih aman bagi pengunjung untuk bermain-main di tepi lautan. Sementara itu di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon cemara udang yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh oleh pengunjung.

4. Bukit Batu Kars yang Indah

Samping kanan dan kiri pantai ini terdapat bukit kars yang sangat eksotis dengan warnanya yang hijau. Pengunjung bisa menaiki bukit tersebut untuk melihat pemandangan laut dan pantai sekitar, namun harus tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan.Ada batuan karang yang berada di lautan lepas, sehingga menambah keindahan pemandangan pantai.

5. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Pantai Ngandong juga menghadap ke Samudra Pasifik sehingga dari sana akan terlihat pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan.Ketika matahari terbit, langit terllihat cerah sinarnya membuat pasir pantai terlihat lebih putih. Sementara itu, ketika senja warna langit berubah kekuningan dan jingga.

Ditambah lagi jika cuaca langit yang sangat terang, sehingga menambah keindahan pemandangan alam. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan selfi atau sekedar memotret pemandangan sunrise maupun sunset.

6. Fasilitas Snorkling

Di pantai Ngandong pengunjung juga bisa melakukan snorkling dengan harga yang terjangkau yaitu Rp50.000 per orang.Pengunjung akan melihat keindahan dalam laut ketika snorkling dan pastinya juga bisa berfoto-foto. Disana terdapat penyewaan baju dan kamera, sehingga bisa sangat membantu pengunjung yang membutuhkan.

Bagi pengunjung yang ingin sekali merasakan jetsky bisa melakukannya di pantai Ngandong. Namun harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk menyewa jetsky. Meskipun demikian pengunjung dijamin tetap puas dengan aksinya bermain jetsky di tengah lautan.

7. Fasilitas Penginapan yang Lengkap

Pantai ini sudah menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung seperti penginapan, parkir, toilet, hingga warung. Hal ini disebabkan lokasinya yang dekat dengan pemukiman warga sehingga memudahkan warga untuk mengelolanya dengan baik dan maksimal.

Pengunjung yang berniat untuk bermalam di pantai ini tidak perlu khawatir tentang tempat penginapan karena di sana sudah tersedia beberapa kamar penginapan khusus ber AC. Begitu pula dengan makanan karena di sekitar pantai ada banyak warung yang menyediakan makanan khas Yogyakarta.

Bukan hanya itu, lahan parkir yang luas bisa menampung banyak kendaraan pengunjung. Selain itu, pengunjung juga tidak perlu jauh-jauh berjalan untuk menuju tempat parkir karena memang jaraknya cukup dekat dengan lokasi wisata Pantai Ngandong.

8. Ombak Air Laut yang Bersahabat

Ombak lautan di Pantai Ngandong tidak terlalu besar sehingga sangat bersahabat bagi pengunjung. Pengunjung bisa bersantai dan bermain-main di tepi laut dengan aman tanpa khawatir terbawa arus air yang deras.

Ditambah lagi dengan warna air laut yang kebiruan alami membuat pemandangan pantai ini sangat indah. Pengunjung yang gemar fotografi bisa memanfaatkan pemandangan pantai ini sebagai objek foto. Selain itu juga cocok untuk tempat swafoto dan sebagainya.

Demikian ulasan tentang Pantai Ngandong yang tidak kalang menariknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Yogyakarta sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

20 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngandong

  1. Pantai nya bagus ada banyak orang jualan seperti ikan udang cumi baik yang sudah matang maupun mentah untuk harga makanan dan minuman disana sangat murah sekali dan tiket masuknya pun hanya 9 ribu per orang itupun sudah sekalian tiket masuk ke 11 pantai lainnya dan transportasi untuk kesana sangat susah jika tidak membawa mobil pribadi atau pun kendaraan pribadi lainnya pantai nya cukup bersih pantai ini sangat nyaman untuk liburan bersama keluarga maupun bersama teman dan juga dijual berbagai cendramata untuk dibawa pulang atau untuk oleh oleh untuk dipantai ini juga tersedia lahan parkir yang cukup luas dan juga ada toilet umum tetapi harus membayar sekitar 3-5 ribu pemandangan di pantai ini sangat bagus karena pantai ini berada diantara bukit dan gunung jadi sangat cocok bagi anda yang suka fotografi.

    20 Juli 2018, 00:59 WIB

  2. Pantai pasir putoh yang berada di Gunung Kidul Jogja. Di dekat pantai ada tempat makan drngan masakan yang menurut saya enak dan harganya juga tidak terlalu mahal. Bisa makan sambil menikmati pesona pantai. Selain itu juga bisa Snorkling kalau ombak mendukung. Ada juga papan surfing disini. Waktu itu pas hari biasa banyak bule berjemur.

    24 Juli 2018, 01:08 WIB

  3. Pantai ngandong itu masih asri, masih jarang yg berkunjung kesini, seru buat piknik bareng temen-temen pokoknya ga kalah indah dari pantai-pantai gunung kidul lainnya😀😀 tapi inget ya kalau mau main ke pantai jangan pas lagi pasang itu berbahaya. Mendingan pending dulu tunggu ratu ombak bersahabat biar kalian bisa seru seruan disana.. So tunggu apa lagi kuy lahhh gaass polll🚵🚵 eh gowes gowes deng ya 😅😅

    11 Agustus 2018, 16:52 WIB

  4. Pantai kecil yang istimewa. Diapit Pantai Sundak dan Pantai Sadranan. Saat pagi hari air lautnya sampai ke bibir pantai, tapi saat siang hari airnya surut dan bisa main-main sampai jauh meninggalkan bibir pantai.. . Pemandangan yang khas dari pantai ini perahu-perahu nelayan yang bersandar di sepanjang bibir pantai.. . Ada juga TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan warung-warung makan yang saling berdampingan.

    14 Agustus 2018, 18:21 WIB

  5. Pantai Ngandong berlokasi di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul atau berada di sebelah Pantai Sundak.. Pantai Ngandong sering disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya tak banyak diketahui oleh para wisatawan.. Nama Pantai Ngandong sendiri belum terlalu tenar seperti pasir putih lainnya di Gunungkidul.. Namun pesona Pantai Ngandong patut menjadi list utama untuk mengisi akhir pekan.. Pantai Ngandong tak hanya menyuguhkan keindahan alam saja.. Pantai yang memiliki pasir putih tersebut juga menawarkan wisata menggnakan kapal kano yang disewakan kepada para wisatawan.. Selain itu wisata snorkeling yang biasanya hanya bisa dinikmati di Pulau Bali juga dapat dinikmati di sana.. Tarif untuk menikmati kapal kano dan snorkeling pun terjangkau.. Menurut Luthfi, wisatawan yang baru saja menghabiskan waktu di Pantai Ngandong, untuk menaiki kapal kano diberikan tarif Rp 50 ribu tanpa minimal jam pemakaian.. “Jika ingin snorkeling dikenakan tarif sekitar Rp 50 ribu juga,” ujarnya saat dihubungi Tribun Jogja pada Minggu (25/3/2018).. Menurut Luthfi Pantai Ngandong merupakan wisata pantai yang patut dicoba untuk dikunjungi. . . Sumber: (tribunjogja)

    18 Agustus 2018, 22:19 WIB

  6. Tempat alami, tempat2 pendukung seperti parkiran luas, tempat ibadah, kamar mandi, pasar oleh2 juga ada, tempat termasuk dingin suasananya utk kelas pantai, pengunjung juga ramai meski jalan kesini masih kecil.. nicetrip

    1 September 2018, 19:19 WIB

  7. Keren…. Mantab lah buat pecinta pantai,, atau buat kalian yang lagi butuh vitaminsea….. Buat yang suka hunting atau sekedar memperbanyak stok postingan media sosialmu….

    12 September 2018, 02:45 WIB

  8. Pantai yang sangat indah di daerah selatan cukup waktu 1jam 15 menit dari Yogyakarta melalui jalur Wonosari, pasirnya putih airnya biru jernih bagi yang suka snorkeling atau surfing ini tempat yang cocok. Kalaupun cuma berenang juga bisa , ombak yang besar dan kadang kecil membuat tempat ini semakin seru.

    20 September 2018, 21:25 WIB

  9. Masuk ke pantai ini bisa lewat pintu masuk pantai Sundak, letaknya sebelahan. Kalau naik ke sisi karang keliatan pantai sundaknya. Nggak terlalu ramai orang, sempat ngecamp disini, meskipun sebenernya nggak ada tempat khusus camp ground tapi bisa dibagian atas bukitnya. Gratis, syaratnya jaga kebersihan aja. 😊

    27 September 2018, 19:58 WIB

  10. Kalo ke pantai selatan paling suka kepantai sini. . 1. Pasir Putih (8). 2. Bisa untuk bermain air & snorkeling (8,5). 3. Pantai tidak terlalu ramai kecuali pas waktu libur panjang (8,5). 4. Akses transportasi mudah & dekat tidak perlu jalan terlalu jauh (8,5)

    28 September 2018, 17:32 WIB

  11. Pantainya ga terlalu panas. Enak banget buat nongkrong viewnya langsung pantai..buat foto” asik..buat renang juga enak..asal ga nengah nengah

    29 September 2018, 01:34 WIB

  12. Pantainya bagus banget.. Ada jasa buat snorkling jg, tp pastikan kalian pakai baju lengan panjang dan celana panjang jg karena karangnya tajam (aku luka wkt itu soalnya hehe).. Wkt itu tahun 2015 aku kena 35rb sih, itu dpt alat snorkling dan difotoin jg.. Gak tau ya skrng berapa.. Terus banyak jual makanan jg.. 😀

    1 November 2018, 04:55 WIB

  13. Tempat melepas lelah, tempat merilekskan pikiran, tempat ter apa ya? Terbaik, ternyaman, tersehat, tersejuk, terpanas, banyak lah….. Biasanya juga sebagai tempat ngilangin galau, ngobatin yang lagi patah hati, buat seneng seneng bareng pacar, keluarga, teman, bisa juga buat acara gathering, ngilangin setres karena kerjaan, tujuan wisata yang gak ngebosenin, yang suka nge-trip juga bisa. Banyak lah..

    4 November 2018, 22:18 WIB

  14. It took around 2hrs from the city by car to get here and there were no signal. Bagus pantainya dan terhubung dgn pantai2 lainnya yg bisa diakses dgn jembatan kayu dibuat. Masuknya bayar tiket, lupa berapa tapi sepertinya ga nyampe 10ribu per orang.

    10 November 2018, 17:03 WIB

  15. Saya tinggal diperbatasan pantai Ngandong dgn pantai Sundak Penginapanku Gambol Homestay lokasi yg lumayan bagus pemandanganya Dekat jg dgn lokasi Pemancingan dilaut dkt dgn pantai Sadranan (lok snorkling ) Silahkan anda mengungi !

    26 November 2018, 02:24 WIB

  16. pantai pasir putih yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, kunjungilah tempat ini jika berwisata ke gunung kidul dijamin gak rugi menikmati pantai ini. untuk mandi disarankan jangan terlalu ketengah apalagi ketika ombak sedang pasang. selalu perhatikan langkah kaki karena banyak karang yang tajam.

    19 Mei 2019, 00:32 WIB

  17. Pantai Ngandong bisa disebut terletak satu kawasan dengan pantai Sarangan dan pantai Sadranan dan pantai lainnya di sebelah timur pantai. . Cocok untuk liburan dan menenangkan diri, cocok untuk snorkling di pantai Sadranan. Waktu yang tepat adalah pagi dan sore. Failitas lengkap. Tempat parkir tersedia untuk sepeda motor dan mobil termasuk bus pariwisata.. Pantai ini agak kurang cocok untuk menyalurkan hobi fotografi karena terlihat biasa saja.. . NurAzmiAB 25 05 2019

    20 Mei 2019, 01:58 WIB

  18. Menurut saya pantai ini termasuk salah satu rekomendasi pantai yg wajib dikunjungi ketika di jogjakarta! Tempatnya sejuk, terdapat gugusan pulau” kecil disekitarnya, fasilitas penunjang seperti wc, musholla, villa ada. Akses menuju ke pantai terbilang mudah untuk roda 4 keatas. Hanya saja ketika melihat sunrise dan sunset rasanya agak kurang hehe

    29 Mei 2019, 23:07 WIB

  19. Lokasi ini santai,nyaman,tidak begitu banyak pengunjung yang datang kesini,lokasi bersih,untuk tempat penginapan sangat bagus dan bersih,juga berada diatas permukaan pantai/berada disekitaran tebing

    6 Juni 2019, 04:35 WIB

  20. Bisa beli ikan disini, ada cemilan laut juga, seru buat foto tapi kurang pas kalo mau ambil foto sunset😁. Musholanya juga enak ada mukena dan sarungnya. . Kalau main kesini jangan buang sampah sembarangan ya😇

    7 Juni 2019, 15:31 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngandong

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *